Selasa, 26 Maret 2013

Alasan melaksanakan Ibadah Umroh

alasan melaksanakan umroh
Alasan melaksanakan umroh sebaiknya hanya semata-semata niat ibadah karena Allah. Namun tidak menutup kemungkinan ada sebagian orang yang memiliki tujuan lain dalam melaksanakan ibadah umrah, akan tetapi masih tetap dalam lingkaran niat beribadah. Berikut ini adalah beberapa alasan calon jamaah wisata umrah pada umumnya : 

1. Melangsungkan Pernikahan
Menikah merupakan salah satu ibadah dalam syariat Islam, apalagi jika dilaksanakan ijab kabul di di depan ka'abah sambil melaksanakan ibadah umrah. Tentu saja pahala yang diraih akan semakin berlipat. Bahkan sekarang ini sudah menjadi trend di masarakat indonesia untuk melangsungkan pernikahan sambil umrah

2. Honey Moon (Bulan Madu)
Alasan melaksanakan umroh berikutnya adalah berbulan madu, tentu saja masih dalam lingkaran niat sambil melaksanakan ibadah umrah . Sudah banyak yang mengatakan rasanya lebih mantap karena dapat beribadah bersama pasangan. Selain beribadah dan memanjatkan doa agar segera diberikan keturunan, di sana mereka juga bisa berjalan-jalan menikmati bulan madu dengan nuansa yang Islami.

3. Melepaskan Penat dan Mencari Ketenangan
Alasan melaksanakan umroh berikutanya Tidak sedikit pula yang pergi melaksanakan ibadah umroh untuk mencari jawaban atas masalah yang sedang dialami dan mencari ketenangan. Mereka berharap dengan beribadah dan berdoa di Tanah Suci dapat meringankan masalah mereka. Atau setidaknya menenangkan hati untuk kemudian bisa mencari solusi dalam menghadapi permasalahan yang ada.

4. Jalan-Jalan (Travelling)
Tidak dipungkiri lagi, berumrah di era ini adalah sebagai salah satu alternatif wisata atau tour. Kemudahan yang diberikan banyak agen Travel umroh haji plus yang membuat para calon jamaah umrah atau pelaku wisata umrah semakin banyak setiap tahunnya.

5. Belanja (Shopping)
Jangan tanya. Ini adalah hiburan utama yang ‘wajib’ dilakukan para peziarah umrah atau haji. Istilahnya, rugi kalau tak menyempatkan diri berbelanja Selain karena barang-barangnya murah, kita kan juga perlu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Wah, ini pelesir sambil ibadah atau ibadah sambil pelesir ya?

6. Berharap Mendapatkan Jodoh
Jabal rahmah adalah tujuan utama bagi yg berangkat karena alasan ini. Tempat ini terletak di Padang Arafah. Jabal Rahmah yang berarti bukit penuh rahmat memang selalu dipenuhi peziarah karena mempunyai sejarah penting dalam Islam. Dikisahkan, di bukit inilah Nabi Adam dan Hawa bertemu kembali setelah berpisah selama 100 tahun saat diturunkan dari surga ke bumi. Konon tempat ini merupakan tempat terbaik untuk berdoa meminta jodoh. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu situs yang wajib dikunjungi kalau berumrah ataupun haji. Para lajang yang berharap segera mendapatkan jodoh atau para ibu yang ingin anaknnya segera menemukan jodoh pasti akan datang ke tempat ini untuk berdoa dan berharap mendapatkan apa yang dimaksud

7. Memenuhi Janji
Ada juga yang pergi melaksanakan ibadah umrah karena untuk memenuhi janji atau nazar. Jika berhasil atas suatu usaha atau apapun itu. Namun, banyak juga yang merasa setelah melihat keagungan Kabah yang mungkin tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, berharap bisa kembali lagi suatu hari nanti.

8. Rindu Ingin Kembali
Bagi yang pernah pergi ke Tanah Suci, memang selalu ada kerinduan untuk kembali ke sana. Apalagi saat mengetahui bahwa salat fardhu berjamaah di Masjidil Haram, misalnya, mendapatkan ganjaran pahala 100000 kali lipat atau satu kali salat di Masjid Nabawi pahalanya lebih besar 1000 kali salat di masjid lain. Alasan ini juga yang membuat orang kembali untuk menunaikan umrah ataupun ibadah haji untuk kedua, ketiga dan seterusnya.


Demikianlah beberapa alasan melaksanakan umroh semoga bermanfaat   

0 komentar:

Posting Komentar