Selasa, 09 April 2013

keutamaan umroh di bulan ramadhan

melaksanakan umroh di bulan ramadhan
Melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan banyak sekali keutamaanya. seperti apa yang dikatakan Rasulullah SAW dan menyebutkan bertapa mulianya umroh di bulan Ramadhan. Berikut merupakan hadits-hadist rasulullah seputar keutamaan umroh di bulan Ramadhan :
  • Rasululluh meriwayatkan “Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata, ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada seorang wanita dari kalangan Anshar, ‘Apa yang menghalangimu untuk haji bersama kami?’ Wanita itu menjawab, ‘Kami mempunyai onta yang kami pergunakan untuk mengairi. Lalu Abu Fulan menaikinya, begitu pula anak onta itu bagi istrinya dan anaknya, dan dia meninggalkan seekor unta agar dipergunakan untuk mengairi’. Beliau berkata, ‘Apabila datang bulan Ramadhan, maka umrahlah pada bulan itu, karena umrah pada bulan Ramadhan serupa dengan haji”
  • Diriwayatkan dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata. “Umrah hingga umrah berikutnya merupakan penebus kesalahan antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga”
  • "Apabila datang bulan Ramadhan, laksanakanlah 'umrah karena 'umrah pada bulan Ramadhan (seperti) 'ibadah hajji". HR Bukhari 1657.
  • Dari Abu Hurairah radliallahu‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ber-sabda: "Umrah hingga 'umrah berikutnya menjadi penghapus dosa antara keduanya". HR Bukhari 1650.
Belum lagi banyaknya keutamaan pada saat bulan ramdahan, berikut adalah petikan hadits yang menyebutkan bertapa mulainya bulan ramadhan itu.
  • Satu perkara yang sulit dilupakan oleh kaum muslimin bahwa Al-Qur’an turun di bulan Ramadhan, tepatnya malam Lailatul Qadar. Allah menurunkan Al-Qur’an di bulan suci ini karena keutamaan yang tinggi baginya, dan hikmah. Allah Ta’ala berfirman,(artinya) :"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda (antara yang haq dengan yang batil)". (QS. : Al-Baqoroh: 185 )
  • Sebagai penguat bagi ucapan Ibnu Katsir rahimahullah , Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda,(artinya) :"Shuhuf Ibrahim diturunkan di malam pertama Ramadhan; Taurat diturunkan pada 7 Ramadhan; Injil diturunkan pada 14 Ramadhan; Zabur diturunkan pada tanggal 19 Ramadhan; Al-Qur’an diturunkan pada 25 Ramadhan". [HR. Ahmad dalam Al-Musnad (4/107), Abdul Ghaniy Al-Maqdisiy dalam Fadha’il Ramadhan (53/1), dan Ibnu Asakir dalam Tarikh Dimasyq (2/167/1). Di-hasan-kan oleh Al-Albaniy dalam Shahih As-Sirah (hal.90)]
  • Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu- berkata,(artinya) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam naik ke atas mimbar seraya bersabda, "Aamiin…aamiin…aamiin". Beliau ditanya, "Wahai Rasulullah, engkau tidak pernah melakukan seperti ini". Belaiu menjawab, "Jibril alaihis salam berkata kepadaku, "Semoga kecelakaan bagi seorang hamba yang didatangi oleh bulan Ramadhan, namun tidak diberi ampunan", maka saya pun berkata, "Aamiin". [HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya (3/192), Ahmad dalam Al-Musnad (2/246 & 254), dan Al-Baihaqiy dalam As-Sunan (4/204). Di shahihkan oleh Al-Albaniy dalam Shahih Al-Adab Al-Mufrad (646)]
  • Nabi Shllallahu ‘alaihi wasallam bersabda,(artinya) : "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang lalu" . [HR. Al-Bukhariy dalam Shahih-nya (1802), dan Muslim dalam Shahih-nya (175)]
  • Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,(artinya) : "Sesungguhnya Allah pada setiap hari dan malam di bulan Ramadhan memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka; sesungguhnya setiap muslim memiliki do’a yang ia berdo’a dengannya,lantaran itu do’anya dikabulkan". [HR. Al-Bazzar dalam Al-Musnad (3142), dan Ahmad dalam Al-Musnad (2/254). Syaikh Ali bin Hasan Al-Atsariy menshahihkan hadits ini dalam Shifah Ash-Shaum (hal.24)]
Oleh karena itu marilah kita memaksimalkan ibadah di Ramadhan yang waktunya sebentar lagi dengan melaksanakan umroh di bulan ramadhan. Kami sebagai biro perjalanan haji dan umroh dengan berbagai paket perjalanan umroh yang menarik. Salah satunya adalah Paket Umroh ramadhan 2013 . Dalam paket umroh tersebut anda akan kami bawa untuk merasakan nikmatnya beribadah umroh saat bulan ramadhan. Banyak sekali biro perjalanan umroh yang menawarkan paket umroh ramadhan ini, tetapi anda harus menyeleksi dan berhati-hati dalam menentukan travel haji dan umroh harus  yang benar-benar profesional dan sudah terbukti pengalamanya dalam mengatur perjalan umroh di bulan ramadhan.

0 komentar:

Posting Komentar